Mohon maaf karena blog ini sudah tidak di update. Walaupun begitu, pembaca masih dapat menjelajahi blog ini untuk pembelajaran.

11 Mei 2009

Pengendali Api (Fire Version)

Akhir-akhir ini saya sedang berada dalam euforia nonton Avatar : The Legend of Aang atau kalo orang luar lebih kenal dengan nama Avatar : The Last Airbender. Episode terakhirnya itu ‘gila, keren banget…’. Loh kok jadi kayak curhat >.<

OK, intinya, saya mendapat ide baru lagi untuk membuat image editan yang keren tapi simple. Let’s start…


Langkah 1

Yang paling pertama adalah persiapan. Saran saya, siapkan foto kamu yang lagi bergaya seperti ‘orang yang mengeluarkan api’, dan satu lagi, cari gambar api berkobar (cari di google) dengan kata kunci seperti api, kobaran api, atau semacamnya. Cari di link “gambar”-nya google. Contohnya seperti ini (kita sebut saja gambar saya = gambar 1; gambar orang lagi masak = gambar 2; dan gambar kobaran api = gambar 3).



Langkah 2

Seleksi api pada gambar 2 dengan menggunakan Quick Selection Tool atau tool seleksi lainnya, lalu pindahkan hasil seleksinya ke gambar 1 dengan Move tool. Hapus latar dari api yang mengganggu dengan Eraser tool, dengan Hardness 0 % dan ukuran brush di sesuaikan.

Selanjutnya sesuaikan ukuran apinya dengan Edit > Free Transform atau Ctrl + T, letakkan di atas telapak tangan. Lalu dengan mengklik Layer > Layer Style > Blending Option, kurangi Opacity-nya ke 80 %. Kamu juga bisa mengatur Opacity langsung lewat panel Layer.



Langkah 3

Sekarang kita akan membuat pola bola api (fireball). Langsung masuk ke Filter > Liquify. Dengan menggunakan Bloat tool , ubah brush size-nya sebesar bola api yang akan dibuat (kalo saya pakai ukuran 200), dan brush density = 100. Sapukan brush-nya dengan cara menahan klik bloat tool pada api yang di dekat tangan. Kalau sudah klik OK.

Kamu bisa mengatur kembali letak dan ukurannya dengan Edit > Free Transform.



Langkah 4

Karena bola api hasil liquify membuat bara apinya kurang “menyala”, jadi kita tinggal menyempurnakan tekstur. Caranya adalah dengan menseleksi gambar 3 (gambar kobaran api) dengan Select > All atau Ctrl + A (sama saja). Lalu dengan Move tool pindahkan gambar 3 ke gambar bola api tadi. Gunakan Free > Transform untuk mengatur ukuran bentuk gambar.

Sekarang klik Layer > Layer Style > Blending Options. Gunakan blend mode : normal, dan Opacity = 50 %. Lalu hapus bagian yang mengganggu dengan Eraser tool (ukuran brush = disesuaikan, Hardness = 0 %)agar hasil bola api terlihat.

Sebelum :



Sesudah :



Tambahan

Buat yang sudah mendownload brush tool di qbrushes.com , bisa membuat latar belakang unik sendiri. Kalau saya menggunakan salah satu tipe brush tool dengan foreground colour orange (#ff8400) dan background colour hitam. Mengenai cara penyimpanan brush tool ini ke photoshop sudah saya jelaskan di postingan brush tool

Tips menggunakan brush tool : sebelum memakai brush tool, buat layer baru terlebih dahulu dengan cara Layer > New Layer atau Ctrl + Shift +N (sama saja) agar hasil brush-nya bisa di edit. Hasil akhir saya jadi seperti ini.

9 komentar:

Hiwatarigie mengatakan...

sip sip sip.. :)
hebat.. aku ni lagi belajar photoshop ni..

salam kenal...
tukeran link dunk..
jgn lupa,kunjungan balik lho..

Aji - The Author mengatakan...

OK, salam kenal juga...
Nanti saya taruh linkmu...
Thanks sudah komentar d sini ^_^

berbagi mengatakan...

hai, salam kenal
bagus sekali webnya

kunjungi aku dong

Aji - The Author mengatakan...

OK OK, thanks atas komentarnya...
Nanti awal bulan akan ada update baru lagi...

Guntur mengatakan...

sip.. bagus ji...
ayo posting lagi

Aji - The Author mengatakan...

OK, sementara persiapan, nanti awal bulan juni baru keluar lagi

areyy mengatakan...

mantap nih,, gw juga mau belajar pas lagi liburan gini,, hehehe

Muhammad Iqbal mengatakan...

pengendali airnya gmana caranya gan???

sandyryofuzan mengatakan...

Kalau efek pengendali air gimana gan?